Uncategorized

Klenteng Ban Hin Kiong, Mengenal Klenteng Tertua di Kota Manado

Kota Manado yang menjadi Ibukota dari ibcbet Provinsi Sulawesi Utara ini punyai banyak sekali tempat wisata jadi dari wisata alam, wisata religi, wisata sejarah, dan masih banyak ulang tempat wisata lainnya. Dari sekian banyak tempat wisata tersebut Klenteng Ban Hin Kiong adalah salah satu lokasi wisata religi yang kondang di Manado.

Hal tersebut gara-gara Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) tersebut merupakan klenteng tertua yang tersedia di Kota Manado. Tempat wisata hits ini pertama kali dibangun pada th. 1819 lalu dibangunkan sebuah Rumah Abu atau Kong Tek Su pada th. 1839. Setelah itu klenteng cantik ini jadi meraih renovasi sebelum akan menjadi layaknya saat ini ini.

Nama Ban Hin Kiong sendiri punyai makna untuk tiap-tiap katanya yaitu Ban yang bermakna banyak, Hin yang bermakna kelimpahan, dan Kiong yang punyai makna istana. Meskipun destinasi wisata religi ini merupakan tempat ibadah tetapi banyak wisatawan yang diperbolehkan untuk masuk ke dalamnya gara-gara udah dibuka untuk umum.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Klenteng Ban Hin Kiong sendiri nova88 berada di Kecamatan Wenang, Provinsi Sulawesi Utara, Calaca, Kota Manado, di Jl. D. I. Panjaitan. Jika kamu dambakan meraih lokasi tersebut maka silahkan menggunakan Taman Berkat atau God Bless Park Manado yang berada di Jl Piere Tendean sebagai titik awal.

Dari Jl. Piere Tendean ambil jalur menuju Bundaran Tugu Zero Point lantas ambil jalur terlihat ke arah Jl. Suprapto lalu belok kanan di pertigaan Jl. Dotulolong Lasut dan belok kiri di pertigaan dekat BNI KC Manado. Tidak jauh pertigaan di awalnya kamu akan tiba di perempatan Jl. Walanda Maramis lantas belok kanan.

Terus ikuti jalur tersebut hingga tiba di perempatan Jl. Dr. Sutomo lalu belok kiri. Silahkan ikuti Jl. Dr. Sutomo hingga kamu memasuki Jl. D. I. Panjaitan lantas belok kiri dan tidak jauh dari belokan di awalnya kamu akan mendapatkan lokasi klenteng yang menjadi obyek kamu (berada di sebelah kiri jalan).

Panjang rute perjalanan dari Taman Berkat atau God Bless Park Manado ke klenteng tertua di Kota Manado ini adalah 4 km dengan saat tempuh menggunakan kendaraan bermotor (sepeda motor atau mobil) selama 16 menit. Lama perjalanan ini sesuai dengan tingkat kepadatan kendaraan di jalur dan kecepatan kamu berkendara.

Tidak tersedia harga tiket masuk Klenteng Ban Hin Kiong gara-gara lokasi wisata kondang ini merupakan sebuah tempat beribadah. Jadi tiap-tiap orang dipersilahkan masuk kedalam kawasan destinasi religi ini asalkan tidak mengganggu aktivitas di tempat beribadah tersebut dan tidak merusak segala fasilitas yang tersedia.